Senin, 30 November 2015

konsep dasar ilmu-ilmu sosial



Konsep Dasar Ilmu-Ilmu Sosial

1.      Pengertian konsep
Menurut  Dorothy J, skeel (1979:18) konsep adalah suatu yang tergambar dalam pikiran suatu pikiran,  gagasan atau suatu pengertian . definisis lain yaitu  konsep adalah suatu citra mental tentang sesuatu, sesuatu tersebut dapat berupa objek konkret ataupun gagasan yang abstrak .
Sedangkan James J Womack (1970:30) menungkapkan konsep sebagai berikut: konsep studi social yaitu suatu kata ungkapan yang berhubungan  dengan suatu yang menonjol sifat yang melekat pemahaman dan penggunaan konsep yang tepat bergantung pada penguasaan sifat yang melekat tadi pengertian umum kata yang bersangkutan
            Berdasarkan dua acuan konsep tadi dapat di kemukakan bawa konsep itu adalah pengertian yang bergambar dalam pikiran yang menceritakan suatu benda atau suatu gagasan,  baik konkrit maupun abstrak.
2.      Pengertian ilmu-ilmu sosial
Ilmu-ilmu sosial adalah ilmu yang mempelajari prilaku mamnusia dalam kehidupan bersama cabang-cabang ilmu sosial.ilmu pengetahuan sosial meliputi: konsep sejarah, konsep geografi, konsep sosial, konsep dasar antrofologi, ilmu politik, psikologi dan ekonomi.
A.      Konsep  sejarah
1.      Pengertian sejarah
Kata sejarah secara harafiah besal dari bahasa arab sajaratun yang artinya pohon. Dalam bahasa arab sendiri sering di sebut tarikh, adapun kata tarikh dalam bahasa Indonesia adalah waktu atau penanggalan.kata sejarah lebih dekat pada bahasa yunani yaitu historiya yang artinya ilmu atau orang pandai.kemudian dalam bahasa inggris history, artinya masa lalu manusia, kata lain yang mendekati acuan tersebut geschitche, yang berarti telah terjadi.
Akhli sejarah mendeskripsikan W.H.Walsh menjelaskan bahwa sejarah itu menitik beratkan pada pencatatan yang berarti yang penting saja bagi manusia. Catatan-catatan itu meliputi engalaman-pengalaman manusia di masa lampau pada hal-hal yang penting sehingga merupakan  cerita yang berarti.
Sedangkan dalam arti lain Sejarah adalah ilmu yang  mempelajari tingkah laku (aktivitas), manusia pada masa lampau baik berupa peristiwa, pengalaman kolektif maupun riwayat masa lampau tersebut yang di gambarkan atau di narasikan sebagai fakta.
2.      Konsep dasar sejarah
Konsep-konsep dalam sejarah meliputi:
a.      Perubahan: istilah yang mengacu kepada suatu hal yang menjadi”tampil beda”
b.      peristiwa : suatu kejadian yang menarik maupun luar biasa karena memiliki keunikan.
c.       Sebab dan akibat : sebab artinya factor-faktor determinan fenomena terdahulu yang mendorong suatu terjadinya suatu perbuatan perubahan, maupun peristiwa berikutnya, sekaligus sebagai kondisi yang mendahului peristiwa . sedangkan akibat adalah suatu yang menjadikan kesudahan atau hasil suatu perbuatan maupun dampak-dampak dan peristiwa.
d.      Nasionalisme: rasa kebangsaan dimana kepentingan bangsa dan Negara mendapat perhatian besar dalam kehidupan bangsa dan Negara.



B.       Konsep geografi
1.      Pengertian geografi
Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang lingkungan atau kewilayahan dalam konteks keruangan. Geografi mempelajari kehidupan manusia dalam hubungan atau interaksinya dengan lingkungan alam dan sosial.
2.      Konsep dasar geografi
Beberapa konsep yang di pelajari dalam geografi di antaranya adalah:
a.      Konsep lokasi : letak di bumi, konsep lokasi di bagi menjadi dua yaitu, lokasi relatif, contohnya: Indonesia terletak di antara benua asia dan benua Australia. Lokasi absolute adalah lokasi berdasarkan letak astronomi.
b.      Konsep jarak adalah jarak antara satu tempat ke tempat lain yang dapat mempengaruhi nilai  suatu objek.contohnya tanah yang letaknya jauh dari jalan raya harganya akan lebih murah.
c.       Konsep pola berkaitan dengan fenomena geografi di permukaan bumi. Contoh: pola sungai di daerah lipatan.
d.      Konsep morfologi berkaitan dengan bentuk muka bumi. Contoh: daratan tinggi di bogor di gunakan untuk perkebunan the.
e.      Konsep agromelasi adalah penyebaran yang bersifat mengelompok pada suatu wilayah. Contoh: orang Kalimantan mengelompok dialiran sungai.
f.        Konsep keterjangkauan berkaitan dengan kondisi di permukaan bumi. Contoh: suatu daerah yang letaknya di pegunungan akan sulit di tembus.
g.      Konsep nilai guna adalah kegunaan geografi di permukaan bumi. Contoh: laut lebih bermanfaat untuk nelayan dari pada petani.
h.      Konsep interaksi adalah hubungan timbale balik antara dua wilayah atau lebih. Contoh: desa yang menghasilkan barang baku, kota menghasilkan barang industry.

C.      Konsep ekonomi
1.      Pengertian ekonomi
Ekonomi mempelajari bagaimana masyarakat memenuhi kebutuhan- kebutuhan hidup mereka
2.      Konsep dasar ekonomi
            Konsep-konsep dasar ekonomi antara lain sumber daya, kelangkaan, barang dan jasa, kegiatan ekonomi, dan sistem ekonomi, serta prilaku-prilaku ekonomi.
D.     Konsep Psikologi
1.      Pengertian psiikologi
Psikologi artinya mempelajari manusia dari sisi proses kejiwaan.
2.      Konsep dasar psikologi
Konsep dasr pesikologi sosial meliputi emosi terhadap objek sosial, perhatian, minat kemauan, motivasi, kecerdasan dalam menanggapi persoalan sosial, penghayatan, kesadaran, karga diri, sikap mental, keperibadian dan berbagai hal yang berhubungan denganpsikologi.
E.      Konsep antrofologi
1.      Pengertian antrofologi
Konsep antrofologi mempelajari kehidupan masyarakat tradisional.
2.      Konsep dasar antropologi

a.                kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam kehidupan masyarakat yang di jadikan milik diri manusia dengan belajar.
b.                 Tradisi adalah suatu pola prilaku atau kepercayaan yang telah menjadi bagian dari suatu budaya yang telah lama di kenal sehingga menjadi suatu adat istiadat dan kepercayaan secara turun-temurun
c.                 Difusi adalah proses penyebaran unsure-unsur kebidayaan secara meluas sehingga melewati batas tempat dimana kebudayaan itu timbul.
d.                Akulasi adalah proses pertukaran ataupun saling mengaruhi dari suatu kemurahan kebudayaan asing yang berbeda sifatnya sehingga unsure-unsur kebudayaan asing tersebut lambat laun di akomodasikan  dalam kebudayaan itu sendiri tanpa kehilangan keperibadian sendiri.
e.                Etnosentrisme adalah sikap secara negative menilai aspek orang lain oleh setandar kultur diri sendiri.


F.       Konsep politik
1.      Pengertian politik
Konsep poolitik mempelajari bagaimana penyelenggara Negara di laksanakan supaya tujuan berNegara dapat tercapai.
2.      Konsep dasar politik
Konsep-konsep dasar politik meliputi antara lain:
a.      Negara adalah suatu organisasi dalam suatu wilayah yang memepunyai kekuasaan tertinggi yang sah dan di taati oleh masyarakat.
b.      Kekuasan adalah kemampuan seseorang atau sekelompok manusia untuk mempengaruhi tingkat lakunya seseorang atau kelompok  lain sedemikian rupa sehingga ti ngkah lakunya itu sesuai dengan keinginan dari orang yang mempunyai kekuasaan itu sendiri.

G.     Konsep psikologi
1.      Pengertian psikologi
Psikologi artinya mempelajari manusia dari sisi proses kejiwaan.
2.      Konsep dasar psikologi
Konsep dasr pesikologi sosial meliputi emosi terhadap objek sosial, perhatian, minat kemauan, motivasi, kecerdasan dalam menanggapi persoalan sosial, penghayatan, kesadaran, karga diri, sikap mental, keperibadian dan berbagai hal yang berhubungan denganpsikologi.













BAB III
KESIMPULAN
Dari  paparan di atas dapat di simpulkan bahwa konsep-konsep ilmu sosial dari berbagai bidang bahasannya berisikan tentang manusia, kehidupan interaksi sejarah kehidupan manusia, kehidupan masyarakat teradisional, kehidupan bernegara, termasuk kekuasaan dan pengaturan sistem Negara, interaksi ekonomi artinya konsep yang mempelajari bagaimana manusia dapat memenuhi dan berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya serta konsep sosial psikologi artinya mempelajari manusia dari sisi proses kejiwaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar