Senin, 30 November 2015

tugas ips





1.       BAGAIMANA PEMBELAJARAN IPS DI AMERIKA DAN AUSTRALIA?

a.       Pembelajaran ips di amerika
Di amerika pelajaran ips di kenal dengan social studies yang artinya “penelaahan atau kajian tentang masyarakat”.  dalam masyarakat guru dapat mengkajikan dari berbagai perspektif sosial seperti pengajaran sejarah, geografi, ekonomi,sosiologi, antrofologi, politi-pemerintahan, dan aspek psikologi sosial, yang di sederhanakan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
b.      Pembelajaran ips di Australia
Di Australia , nama mata pelajaran ips adalah HSIE (Human Society and its environments) yang menekan pada pengembangan nilai-nilai dan tingkah laku peserta didik. Pembelajaran ips di Australia tidak  banyak materi, tetapi lebih mendepankan pemecahan masalah . karena di kalangan penduduk Australia terhadap masalah-masalah ekonomi, politik, lingkungan, sosial, dan masalah-masalah pribadi yang memerlukan adaya kemampuan untuk mengatasinya.

2.       APA YANG MELATAR BELAKANGI ADANYA IPS ?
Latar belakang ips akan di lihat dari dua aspek yaitu latar belakang sosiollogis dan latar belakang pedagogis
a.       Latar belakang sosiologis
Latar belakang sosiologis di fokuskan pada tempat lahirnya ips yang pada awalnya bernama social studies dan pertama kali di gunakan dalam kurikulum sekolah rugby di inggris pada tahun pada tahun 1827. Dr Thomas Arnold direktur sekolah tersebut adalah orang pertama yang berjasamemasukan ips 9social studies) kedalam kurikulum sekolah. Dan latar belakang masuknya ips kedalam  kurikulum yaitu masyarakat inggris mengalami kekacauan  kaum kapitalis dan pemerintah yang kurang memperhatiakan nasib kaum buruh yang mengakibatkan terjadinya pemerasan dan penindasan. Terhadap keadaan yang demikian ironis, Arnold memasukan ips kedalam kurikulum sekolahnya, dan upayanya di tiru oleh banyak sekolah lainnya dan sekaligus awal berkembangnya ips sebagai matapelajaran di sekolah.
b.      Latar belakang pedagogic
Dengan mempelajari ips, peserta didik di harapkan menjadi warga masyarakat yang tidak induvidialistik ,yang hanya mementingkan kebutuhan dirinya sendiri, dan menyampingkan kebutuhan orang lain atau warga masyarakat lainnya.dalam kehidupan mereka tidak memisahkan suatu aspek kehidupan dari aspek kehidupan yang lain yaitu aspek geografi, sejarah, ekonomi, sosiologi, antropologi, politik dan sosial lainnya.

3.       BAGAIMANA HUBUNGAN ANTAR INDIVIDU DENGAN MASYARAKAT
Hubungan antar individu dengan masyarakat itu individu memiliki status yang relative dominan terhadap masyarakat yaitu adanya hubungan  interpenden (saling bergantungan ) antar individu di dalam masyarakat yang tidak terbatas kuantitasnya.


4.       APA YANG DI MAKSUD DENGAN ADAT DAN NORMA DAN APA YANG MENYEBABKAN MUNCULNYA KEDUA ITU?
-          ADAT adalah aturanatau kebiasaan-kebiasaan yang tumbuh atau terbentuk dari suatu masyarakat atau daerah yang di anggap memiliki nilai dan junjungan serta di patuhi masyarakat pendukungnya.
MUNCULNYA: karena mampu mengendalikan prilaku warga masyarakat dengan perasaan senang atau bangga, dan peranan tokoh adat yang menjadi tokoh masyarakat menjadi cukup penting.
-          NORMA adalah aturan-aturan kebiasaan /adat yang berlaku dalam sekelompok orang, yang mengatur tercapainya tujuan kelomppok tersebut
MUNCULNYA:karena kebutuhan yang berbeda  beda secara individu / sekelompok yang menyebabkan benturan kepentingan, untuk menghindari hal itu maka sekelompok masyarakat membuat norma sebagai pedoman prilaku dalam menjaga keseimbangan, kepentingan dalam masyarakat.

5.       CARI BAGAIMANA HUBUNGAN ANTARA ADAT DAN ISTIADAT  DENGAN NORMA AGAMA DI LINGKUNGANMU APA PENDAPATMU JIKA  ADA PERTENTANGAN ANTARA NORMA ADAT DENGAN AGAMA

-          Adat nunjungan(mengunjungi) adalah adat pernikahan yang di lakukan pada saat laki-laki dan perempuan yang sudah terikat sebagai suami istri untuk mengunjungi saudara-saudaranya dengan membawa-bawaan  seperti (nasi, lauk, kuedan lainnya) yang bertujuan untuk saling kenal antara saudara laki-laki dan perempuan.
-          Adat paculan (pemberian hadiah) adalah seseorang yang member hadiah kepada orang yang telah menikah. Acaranya di mulai pada waktu malam.
Di antara kedua adat tersebut tidak ada pertentangan antara norma adat dengan agama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar