RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP) I
Nama Sekolah : SDN
SUKA HATI 23 Pandeglang
Mata Pelajaran : Seni
Budaya dan Keterampilan
Kelas/Semester : V/Dua
Standar Kompetensi :Mengekpresikan diri melalui karya seni tari
Nusantara
Indikator :Mengidentifikasikan fungís tari Nusantara
Mengidentifikasi iringan , tata
rias, busana
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran ( 1 x pertemuan )
Pertemuan ke :
I (satu)
A. Standar Kompetensi
1.
Memiliki aplikasi pengetahuan tentang
gerak dan tari
2.Memiliki kreatifitas
untuk menciptakan gerak dan tari bagi
pengembangan kecerdasasan musical/seni
B. Tujuan pembelajaran peserta didik
Mampu:
1.
Menyebutkan macam tari Nusantara
2.
Menyebutkan cirri-ciri tari Nusantara
3.
Menyebutkan unsure keindahan tari Nusantara
C.
Materi
Pembelajaran
Macam-macam tari Nusantara
D.
Metode Pembelajaran
Model pendekatan CTL, demonstrasi,
drill (latihan)
E. Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Pertemuana I (pertama) :
a.
Pendahuluan
-motivasi dan apresiasi
b.
Kegiatan inti
-menyaksikan dan mengamati ragam gerak tari Nusantara
-menyebutkan ragam gerak tari Nusantara
-mengidentifikasi ragam gerak tari Nusantara
-mendemonstrasikan ragam gerak tari Nusantara
c.
Mengidentifikasi ragam gerak tari tradisional
ragam gerak tari.
- Membuat kesimpulan secara tertulis baik secara individu/ kelompok
F.
Sumber Belajar
1.
Buku panduan/ pegangan
2.
Tape recorder, VCD tari Nusantara
G.
Penilaian
1. Teknis : Tes Tulis
2. Bentuk instrumen : Tes uraian
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
II
Nama sekolah :
SDN SUKA HATI 23 Pandeglang
Mata pelajaran :
Seni Budaya dan Keterampilan
Kelas/semester :
V/dua
Guru :
Asfiroh S.Pd
Standar kompetensi :
mengapresiasi
Kompetensi dasar
:menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni tari Nusantara.
Indikator : -menuliskan keunikan/keindahan dan pesan dari
pertunjukan tari yang di apresiasi
- menyebutkan unsure keunikan seni tari
nusantara
Alokasi waktu :
2 jam pelajaran (1xpertemuan )
Pertemuan ke :
2 (dua)
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu:
1.
Menyebutkan keunikan tari Nusantara ditinjau dari ragam gerak
2.
Menyebutkan fungsi tari Nusantara
dari penyajiannya
3.
Mengidentifikasi jenis-jenis tari Nusantara
B. Materi Pembelajaran
1. Tari nusantara
C. Metode Pembelajaran
1.
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi
2.
Model pendekatan CTL dan drill
D. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan 2
(dua):
a. Motivasi dan apersepsi
b. Kegiatan inti
- Melihat penyajian tari tunggal melalui VCD
- Menjelaskan
keunikan tari Nusantara ditinjau dari ragam gerak
- Menjelaskan fungsi tari Nusantara
dalam penyajiannya
- Menjelaskan bermacam-macam tari Nusantara
c.
Penutup
- Membuat kesimpulan hasil apresiasi seni tari Nusantara
- Memberi tugas-tugas untuk pertemuan yang akan datang
E. Sumber Belajar
1. VCD
+ CD seni tari Nusantara
F. Penilaian
1.
Teknis : Tes lisan , tertulis, penugasan
2.
Bentuk instrument : Tes Uraian, daftar pertanyaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar