Senin, 30 November 2015

observasi bahasa daerah




MAKALAH
LAPORAN HASIL OBSERVASI
BAHASA DAERAH (JAWA)







Di susun oleh:
Umah Marhumah (2227140827)
Aspiroh (2227140749)
Encun Sunayah (2227140752)
Uryanah (2227141047)
Ratih (2227140828)
Ira Puji Ayu L (2227140859)
Dosen:                                                Heriyana M. Mpd
M.kuliah:                                           Bahasa Daerah

FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA (UNTIRTA)


KATA PENGANTAR


Puji dan syukur kami sebagai penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat limpahan rahmat dan karunianya sehingga kami dapat menyusun makalah hasil observasi PENDIDIKAN BAHASA DAERAH di SDN banjar agung 4 kota serang tepat pada waktunya.
            Dan tidak lepas dari bantuan dari berbagai pihak, untuk itu dalam kesempatan ini penulis menghaturkan rasa hormat dan terimakasih kepada dosen pembimbing  PENDIDIKAN BAHASA DAERAH yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk menyusun makalah ini. Serta tak lupa pula kepada teman-teman seperjuangan, semoga kita semua dapat menempuh pendidikan ini dengan baik.
            Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat kepada para pembaca penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempatan baik dari bentuk penyusunan maupun materinya. Kritik dan saran dari pembaca penulis harapkan untuk penyempurnaan makalah selanjutnya.


                                               
                                                                                                                       

                                                                                                            Serang, 26 Maret 2015




Penyusun






DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR…………………………………………………………..   i
DAFTAR ISI……………………………………………………………………..   ii
PEMBAHASAN
1.1  Profil sekolah…………………………………………………………………    1         
1.2  Laporan hasil observasi………………………………………………………     1
KESIMPULAN        
1.3  Saran………………………………………………………………………….    2         





















PEMBAHASAN

1.1  profil sekolah SD Negeri Banjar Agung 4
sekolah ini terletak di Jl. syeh Nawawi al-bantani (polda) km 2,  kabupaten. Serang, Bnten.  yang mempunyai Moto: melahirkan siswa-siswi yang berprestasi, kreatif, dan pintar. Bahasa daerah di SDN banjar agung 4 yang di ajar oleh Ibu Hj. Mahfudo S.pd

1.2   Laporan hsail observasi

1        Pelajaran Bahasa Daerah tersebut masuk kedalam pelajaran wajib atau muatan lokal?
·         Bahasa sunda disekolah ini adalah muatan lokal tetapi di wajibkan
2        Di dalam sekolah ini kelas berapa saja yang di ajarkan  mata pelajarn bahasa daerah (jawa)?
·         Yaitu kelas 1 sampai kelas 6, karena mata pelajaran bahasa daerah (jawa) termasuk mata pelajaran muatan lokal wajib.
3         Bagaiman cara mengajarkan bahasa sunda disekolah ini ?
·         Caranya disini, yaitu dengan cara siswa di ajarin sedikit demi sedikit dengan memberikan kosa kata yang mudah ke yang sulit. atau juga dengan cara demonstrasi, seperti memberikian contoh berupa gambar seseorang yang sedang mengerjakan sesuatu, trus di bawahnya dikasih keterangan atau kosa kata, sesuai dengan yang ada gambar tersebut.
4        Pelajaran yang efektif dalam bidang mata pelajaran bahasa daerah (sunda)  itu seperti apa?
·         Seperti anak muridnya di suruh menghafal dulu karena dengan cara ini di harapkan anak murid sedikit- demi sedikit bisa memahami mata pelajaran bahasa daerah (sunda) tersebut .
5        Menurut ibu/bapak guru saran apa yang terbaik dalam mengajarkan bahasa daerah ke
anak murid?
·         Yaitu sarannya menggunakan media belajar berupa gambar visual secara nyata menggunakan alat peraga.



KESIMPULAN

1.3   Saran
Pendidikan pada dasarnya memiliki beberapa tujuan. Tujuan yang terpenting adalah pembentukan akhlak Peserta didik sehingga semua tujuan pendidikan dapat dicapai dengan landasan moral dan etika Islam, yang tentunya memiliki tujuan kemashlahatan di dalam mencapai tujuan tersebut. Mengenai mekanisme pelaksanaanya, hal ini tentunya memerlukan kajian yang lebih mendalam sehingga nantinya implementasinya tersebut dapat dipertanggungjawabkan dan dipandang relevan dengan kondisi yang terikat dengan faktor-faktor tertentu.






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar