RPP (Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran)
Mata Pelajaran :Ilmu Pendidikan Alam (IPA)
Kelas Semester :II/I
Materi Pokok : Pertumbuhan hewan dan tumbuhan
Alokasiwaktu : 2x20 Menit (1 kali pertemuan)
I.
Standar
kompetensi
1.
Mengetahui perbedaan tumbuhan hewan dan tumbuhan
II.
Kompetensi
dasar
1.
Membedakan pertumbuhan hewan dan tumbuhan
III.
Indikator
1.
Mengetahui pengertian pertumbuhan
2.
Menyusun fase-fase pertumbuhan hewan (ayam)dan
tumbuhan(kacang merah)
3.
Menyimpulkan perbedaan pertumbuhan hewan dan
tumbuhan
IV.
Tujuan
pembelajaran
1.
Siswa memahami pengertian pertumbuhan
2.
Siswa mampu menyusun fase-fase pertumbuhan hewan(ayam) dan tumbuhan (kacang
merah)
3.
Siswa mampu menympulkan perbedaan pertumbuhan
hewan dan tumbuhan
V.
Materi
dan pembelajaran
·
Pertumbuhan hewan
1.
Pertumbuhan ayam
2.
Pertumbuhan kucing
·
Pertumbuhan tumbuhan
1.
Pertumbuhan kacang merah
2.
Pertumbuhan singkong
·
Perbedaan pertumbuhan hewan dan tumbuhan
VI.
Metode
pembelajaran
·
Tanya jawab
·
Ceramah
·
Demontrasi
·
Kerja kelompok
VII.
Langkah-langkah
pembelajaran
a. Kegiatan awal/pendahuluan
1.
Guru memberi salam kepada siswa
2.
Siswa dan Guru bersama-sama berdo’a sesuai
dengan agamanya masing-masing
3.
Guru memeriksa kehadiran siswa dengan memanggil
nama-nama sesuai absen
4.
Guru memeriksa kesiapan siswa untuk belajar dan
perlengkapan belajar
5.
Guru membacakan tujuan pembelajaran
·
Mengetahui pengertian pertumbuhan
·
Menyusun fase-fase pertumbuhan hewan (ayam)dan
tumbuhan(kacang merah)
·
Menyimpulkan perbedaan pertumbuhan hewan dan
tumbuhan
6.
Guru memberikan apersepsi
·
Guru memberikan pertanyaan “siapa yang tau
pertumbuhan itu apa?”(Siswa menjawab pertanyaan guru)
b. Kegiatan inti (10 menit)
1. Siswa
memperhatikan dengan seksama materi pertumbuhan hewan dan tumbuhan
2. Siswa
memperhatikan contoh fase-fase pertumbuhan hewan dan tumbuhan
3.
Guru menjelaskan perbedaan pertumbuhan hewan dan
tumbuhan pada gambar
4.
Guru membagi 3 kelompok dalam satu kelas,
kelompok pertama mendapatkan tema mengenai “fase-fase pertumbuhan hewan”
kelompok ke dua mendapatkan tema “ fase-fase pertumbuhan tumbuhan” dan kelompok
tiga mendapatkan tema “ perbedaan pertumbuhan hewan dan tumbuhan”. Setiap kelompok mempunyai ketua untuk
mempresentasikan hasil dari diskusinya,
5.
Guru memberikan apresiasi terhadap hasil kerja
siswa
6. Guru
melengkapi keterangan agar menjadikan siswa lebih paham
c. Kegiatan penutup (5 menit)
1.
Siswa dan guru menyimpulkan materi mengenai
perbedaan pertumbuhan hewan dan tumbuhan
2.
Siswa di berikan lembar soal yang harus di kerjakan
3.
Guru memeriksa hasil dari soal yang telah di isi
oleh siswa dan guru memberikan apresiasi kepada siswa yang menjawab soal dengan
benar
4.
Siswa dan guru bersama-sama berdo’a untuk
mengakhiri proses belajar
VIII.
Media
belajar
·
Buku SAINS SD Haryanto Erlangga kelas II
·
Gambar atau poto pertumbuhan hewan dan tumbuhan
IX.
Penilaian
·
Tes tulis
·
Laporan kelompok
·
Pengamatan sikap
·
Penilaian lisan (dalam proses)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar