Selasa, 03 November 2015

rpp sains

RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)


Mata
    Pelajaran          :Ilmu Pendidikan Alam (IPA)
Kelas
   Semester          :II/I
Materi
  Pokok              :  Pertumbuhan hewan dan tumbuhan
Alokasiwaktu
              : 2x20 Menit (1 kali pertemuan)

I.                    Standar kompetensi
1.       Mengetahui perbedaan tumbuhan hewan dan tumbuhan

II.                  Kompetensi dasar
1.       Membedakan pertumbuhan hewan dan tumbuhan

III.                Indikator
1.       Mengetahui pengertian pertumbuhan
2.       Menyusun fase-fase pertumbuhan hewan (ayam)dan tumbuhan(kacang merah)
3.       Menyimpulkan perbedaan pertumbuhan hewan dan tumbuhan

IV.                Tujuan pembelajaran
1.       Siswa memahami pengertian pertumbuhan
2.       Siswa mampu menyusun fase-fase  pertumbuhan hewan(ayam) dan tumbuhan (kacang merah)
3.       Siswa mampu menympulkan perbedaan pertumbuhan hewan dan tumbuhan

V.                  Materi  dan pembelajaran
·         Pertumbuhan hewan
1.       Pertumbuhan ayam
2.       Pertumbuhan kucing
·         Pertumbuhan tumbuhan
1.       Pertumbuhan kacang merah
2.       Pertumbuhan singkong
·         Perbedaan pertumbuhan hewan dan tumbuhan


VI.                Metode pembelajaran
·         Tanya jawab
·         Ceramah
·         Demontrasi
·         Kerja kelompok

VII.              Langkah-langkah pembelajaran

a.       Kegiatan awal/pendahuluan
1.       Guru memberi salam kepada siswa
2.       Siswa dan Guru bersama-sama berdo’a sesuai dengan agamanya masing-masing
3.       Guru memeriksa kehadiran siswa dengan memanggil nama-nama sesuai absen
4.       Guru memeriksa kesiapan siswa untuk belajar dan perlengkapan belajar
5.       Guru membacakan tujuan pembelajaran
·         Mengetahui pengertian pertumbuhan
·         Menyusun fase-fase pertumbuhan hewan (ayam)dan tumbuhan(kacang merah)
·         Menyimpulkan perbedaan pertumbuhan hewan dan tumbuhan
6.       Guru memberikan apersepsi
·         Guru memberikan pertanyaan “siapa yang tau pertumbuhan itu apa?”(Siswa menjawab pertanyaan guru)

b.      Kegiatan inti (10 menit)
1.       Siswa memperhatikan dengan seksama materi pertumbuhan hewan dan tumbuhan
2.       Siswa memperhatikan contoh fase-fase pertumbuhan hewan dan tumbuhan  
3.       Guru menjelaskan perbedaan pertumbuhan hewan dan tumbuhan pada gambar
4.       Guru membagi 3 kelompok dalam satu kelas, kelompok pertama mendapatkan tema mengenai “fase-fase pertumbuhan hewan” kelompok ke dua mendapatkan tema “ fase-fase pertumbuhan tumbuhan” dan kelompok tiga mendapatkan tema “ perbedaan pertumbuhan hewan dan tumbuhan”.  Setiap kelompok mempunyai ketua untuk mempresentasikan hasil dari diskusinya,
5.       Guru memberikan apresiasi terhadap hasil kerja siswa
6.      Guru melengkapi keterangan agar menjadikan siswa lebih paham

c.       Kegiatan penutup (5 menit)
1.       Siswa dan guru menyimpulkan materi mengenai perbedaan pertumbuhan hewan dan tumbuhan
2.       Siswa di berikan lembar  soal yang harus di kerjakan
3.       Guru memeriksa hasil dari soal yang telah di isi oleh siswa dan guru memberikan apresiasi kepada siswa yang menjawab soal dengan benar
4.       Siswa dan guru bersama-sama berdo’a untuk mengakhiri proses belajar



VIII.            Media belajar
·         Buku SAINS SD Haryanto Erlangga kelas II
·         Gambar atau poto pertumbuhan hewan dan tumbuhan

IX.                Penilaian
·         Tes tulis
·         Laporan kelompok
·         Pengamatan sikap
·         Penilaian lisan (dalam proses)









Tidak ada komentar:

Posting Komentar