PENDIDIKAN MASA DEPAN
MENGHADAPI ABAD 21
A. TANTANGAN-TANTANGAN DALAM ABAD 21
Jacques Delors selaku ketua komisi internasional tentang
pendidikan untuk Abad 21 dari persekutuan bangsa-bangsa, dalam laporannya: “
Learning: The Treasure Within”(1996), mengemukakan tujuh macam ketegangan yang
akan terjadi serta menjadi cirri dan tantangan pendidikan abad 21 sebagai
berikut:
1. Ketegangan antara gelobal dengan
local: orang secara berangsur-angsur memnjadi wrga Negara dunia tanpa
tercabutnya akar-akar mereka dan karenanya turut serta berperan aktif sebagai
bagian dalam kehidupan mereka berbangsa dan bermasyarakat di tempat mereka
tinggal.
2. Ketegangan antara universal dengan
individual : kebudayaan pasti menjadi bersifat gelobal, tetapi hanya bersifat
sebagian-sebagian.
3. Ketegangan antara tradisi dengan
kemoderenan : yang merupakan bagian dari masalah yang sama : bagaimana teradisi
dapat menyesuaikan diri pada perubahan tanpa harus kembali ke masa lampau,
4. Ketegangan antara
pertumbuhan-pertumbuhan jangka panjang dengan jangka pendek: hal ini selalu
ada, tetapi dewasa ini hal tersebut di dukung oleh keperkasaan dari
kesementaraan dan kesesaatan, dalam sebuah dunia yang sangat di limpahi oleh
nformasi yang singgah sebentar dan emosi-emosi terus menerus tertuju pada
masalah-masalah yang memerlukan pemecahan segera.
5. Ketegangan antara perlunya kompetisi
dengan kesamaan kesempatan : hal ini merupakan masalah klasik yang telah di
hadapi baik oleh para pengambil keputusan dalam bidang ekonomi dan social
maupun para pengambil keputusan dalam bidang pendidikan sejak awal abad 20.
6. Ketegangan antara perluasan
pengetahuan yang berlimpah ruah dengan kemampuan mamnusia untuk mencernakannya:
komisis tidak dapat menantang terhadap godaan yang berkeinginan untuk menambah
mata pelajaran baru, seperti pengetahuan diri sendiri, cara-cara mencapai
keseimbangan fisik dan psikologis atau cara-cara memahami perbaikan lingkungan
alam dan melestarikannya secara lebih baik.
7. Akhirnya, factor abadi lainnya adalah
ketegangan antara spiritual denagan material: sering tanpa menyadari, dunia
mempunyai suatu keinginan yang sering tidak terungkapkan, ysng berupa suatu
cita-cita dan nilai-nilai yang akan kita sebut”moral
B. PRINSIP-PRINSIP PENDIDIKAN
1. Empat pilar belajar
Pendidikan seumur hidup didasrkan pada empat pilar belajar yaitu;
1. Belajar untuk mengetahui
2. Belajar untuk berbuat
3. Belajar untuk hidup bersama
4. Belajar untuk menjadi dirinya sendiri
2. Pendidikan seumur hidup
Konsep belajar seuumur hidup adalah
kunci yang memberikan jalan bagi abad 21. Konsep tersebut berjalan dari
perbedaan tradisional antara pendidikan awal dengan pendidikan berkelanjuta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar