UPAYA-UPAYA GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK
Seseorang dapat
dikatakan bisa dalam melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan
keakhlian baik keakhlian dalam ilmu pengetahuan atau keakhlian dalam bidang
kecakapan khusus, apabila orang yang bersangkutan memiliki kemauan yang kuat
untuk menjadi bias dan setelah bias maka akan muncul dalam diri seseorang
kemampuan, dan kemampuan disini adalah merupakan modal dasar bagi seseorang
untuk dapat dikatakan memiliki prestasi. Sebagai pembelajaran guru hendaknya
berusaha untuk menarik minat anak agar senantiasa memiliki kemauan unutuk
belajar, dan kemauan ini hendaknya datang dari dasar hati yang paling dalam
agar memiiki kesadaran penuh bahwa belajar adalah merupakan bagian dari
kewajiban yang harus selalu dilakukan oleh peserta didik sebagai pelajar.
Keinginan atau dorongan agar peserta didik mau untuk belajar disebut motivasi, memngingat ketika peserta didik tidak diberi motivasi untuk belajar maka kegiatan pembelajaran yang dilakukan jauh untuk dapat dikatakan berhasil.Motivasi belajar yang guru terapkan kepada peserta didik dapat mengarahkan perbuatan belajar peserta didik kepada tujuan yang jelas dan dilaksanakan dengan sepenuh hati. Motivasi dapat dibedakan menjadi dua hal yaitu mitivasi asli dan motivasi yang dipelajari, motivasi yang asli akan tumbuh dengan sendirinya dari dalam diri peserta didik, dan motivasi seperti ini biasanya terdapat pada peserta didik yang memiliki tingkat kecerdasan yang baik karena ada dorongan dari dalam dirinnya yang dilakukan secara sadar untuk melakukan perbuatan belajar sehingga peserta didik memiliki kompetensi yang akan menjembatani mereka menjadi peserta didik yang berkualitas, sementara motivasi yang dipelajari adalah motivasi yang dengan sengaja dilakukan oleh guru untuk mengarahkan peserta didik agar memiliki motif untuk melakukan perbuatan belajar sehingga dapat memperlancar kegiatan belajar peserta didik.
Secara individu manusia pada hakekatnya, berada dalam situasi pertumbuhan, perkembangan serta belajar.Pertumbuhan serta perkembangan individu sangat tergantung kepada beberapa factor, situasi, serta kondisi.Motivasi seseorang dapat muncul dari factor kematangan, latihan dan belajar, ke tiga factor tersebut sangat berpengaruh pada perkembangan motif.
Motivasi adalah merupakan langkah awal terjadinya suatu perubahan pada diri seseorang, dan motivasi datangnya ditandai dengan rasa yang ada dalam diri yang bersangkutan untuk melakukan sesuatu agar mencapai tujuan tertentu.
Sementara MC. Donald. Berpendapat bahwaMotivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya " feeling “ dan didahului dengan yanggapanterhadap adanya tujuan. Dari pengertian yang dikemukan Mc. Donald ini mengandung tiga elemen penting seperti;
1) Bahwa motivasi itu mengawali terjadinya perubahan energi pada diri setiap individu manusia. Perkembangan motivasi akan membawa beberapa perubahan energi di dalam system “neurophysiological “ yang ada pada organisme manusia karena menyangkut perubahan energi manusia ( walaupun motivasi itu muncul dalam diri manusia ), penampkannya akan menyangkut kegiatannya akan menyangkut fisik manusia.
2) Motivasi ditandai dengan munculnya rasa “ feeling”, afeksi seseorang. Dalam hal ini motivasi relevan dengan persoalan-persoalan kejiwaan, afeksi dan emosi yang dapat menentukan tingkah laku manusia.
3) Motivasi akan dirangsang karena adanya tujuan. Jadi motivasidalam hal ini sebenarnya merupakan respons dari suatu aksi yakni tujuan dari motivasi memang muncul dari dalam diri manusia, tetapi kemunculannya karena terangsang / terdorong oleh adanya unsure lain, dalam hal ini adanya unsure lain, dalam hal ini adalah tujuan. Tujuan ini akan menyangkut kebutuhan atau keinginan. ( Sardiman, A.M., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Hal : 74 )
Guru hendaknya memahami benar bahwa ada keinginan-keinginan terpendam dalam diri peserta didik untuk berkenbang, mengingat peserta didik ketika melakukan proses pembelajaran di dorong oleh kekuatan yang muncul dari dalam diri peserta didik yang merupakan suatu keinginan, perhatian, kemauan, atau cita-cita dan akan tercapai tergantung dari motivasi yang di terima oleh peserta didik.
Keinginan atau dorongan agar peserta didik mau untuk belajar disebut motivasi, memngingat ketika peserta didik tidak diberi motivasi untuk belajar maka kegiatan pembelajaran yang dilakukan jauh untuk dapat dikatakan berhasil.Motivasi belajar yang guru terapkan kepada peserta didik dapat mengarahkan perbuatan belajar peserta didik kepada tujuan yang jelas dan dilaksanakan dengan sepenuh hati. Motivasi dapat dibedakan menjadi dua hal yaitu mitivasi asli dan motivasi yang dipelajari, motivasi yang asli akan tumbuh dengan sendirinya dari dalam diri peserta didik, dan motivasi seperti ini biasanya terdapat pada peserta didik yang memiliki tingkat kecerdasan yang baik karena ada dorongan dari dalam dirinnya yang dilakukan secara sadar untuk melakukan perbuatan belajar sehingga peserta didik memiliki kompetensi yang akan menjembatani mereka menjadi peserta didik yang berkualitas, sementara motivasi yang dipelajari adalah motivasi yang dengan sengaja dilakukan oleh guru untuk mengarahkan peserta didik agar memiliki motif untuk melakukan perbuatan belajar sehingga dapat memperlancar kegiatan belajar peserta didik.
Secara individu manusia pada hakekatnya, berada dalam situasi pertumbuhan, perkembangan serta belajar.Pertumbuhan serta perkembangan individu sangat tergantung kepada beberapa factor, situasi, serta kondisi.Motivasi seseorang dapat muncul dari factor kematangan, latihan dan belajar, ke tiga factor tersebut sangat berpengaruh pada perkembangan motif.
Motivasi adalah merupakan langkah awal terjadinya suatu perubahan pada diri seseorang, dan motivasi datangnya ditandai dengan rasa yang ada dalam diri yang bersangkutan untuk melakukan sesuatu agar mencapai tujuan tertentu.
Sementara MC. Donald. Berpendapat bahwaMotivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya " feeling “ dan didahului dengan yanggapanterhadap adanya tujuan. Dari pengertian yang dikemukan Mc. Donald ini mengandung tiga elemen penting seperti;
1) Bahwa motivasi itu mengawali terjadinya perubahan energi pada diri setiap individu manusia. Perkembangan motivasi akan membawa beberapa perubahan energi di dalam system “neurophysiological “ yang ada pada organisme manusia karena menyangkut perubahan energi manusia ( walaupun motivasi itu muncul dalam diri manusia ), penampkannya akan menyangkut kegiatannya akan menyangkut fisik manusia.
2) Motivasi ditandai dengan munculnya rasa “ feeling”, afeksi seseorang. Dalam hal ini motivasi relevan dengan persoalan-persoalan kejiwaan, afeksi dan emosi yang dapat menentukan tingkah laku manusia.
3) Motivasi akan dirangsang karena adanya tujuan. Jadi motivasidalam hal ini sebenarnya merupakan respons dari suatu aksi yakni tujuan dari motivasi memang muncul dari dalam diri manusia, tetapi kemunculannya karena terangsang / terdorong oleh adanya unsure lain, dalam hal ini adanya unsure lain, dalam hal ini adalah tujuan. Tujuan ini akan menyangkut kebutuhan atau keinginan. ( Sardiman, A.M., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Hal : 74 )
Guru hendaknya memahami benar bahwa ada keinginan-keinginan terpendam dalam diri peserta didik untuk berkenbang, mengingat peserta didik ketika melakukan proses pembelajaran di dorong oleh kekuatan yang muncul dari dalam diri peserta didik yang merupakan suatu keinginan, perhatian, kemauan, atau cita-cita dan akan tercapai tergantung dari motivasi yang di terima oleh peserta didik.
1. Penggolongan Motivasi
Ada beberapa penggolongan motivasi yang harus senantiasa guru ketahui dan di ingat karena ini akan membantu pelaksanaan proses pembelajaran berlangsung, seperti yang terdahulu penulis sampaikan adanya motivasi berkaitan dengan motivasi asli dan motivasi yang dipelajari, separti :
Motif yang diarahkan pada kebutuhan untuk pemenuhan kepuasan organic individu yang bersangkutan, lebih kepada untuk kepentingan diri sendiri.
Motif Darurat, yaitu motif yang muncul secara tiba-tiba dimana seseorang harus melakukan tindakan prepentif sepontanitas dalam keadaan memaksa dan sangat diperlukan.
Motif obyektif yaitu mengarahkan individu dengan aktifitasnya di lingkungan social dan individu yang bersangkutan saling berhubungan satu sama lain.
Motivasi yang ada dalam diri setiap individu, adalah merupakan kekuatan mental yang muncul dari hati nurani sehingga menjadi kekuatan sebagai penggerak belajar, dan hal ini datang dari berbagai sumber, yang merupakan suatu motivasi yang semula tanpa daya rangsang yang tinggi akan tetapi menjadi lebih baik setelah peserta didik memperoleh informasi dari guru yang jelas serta benar, karena guru adalah merupakan penggerak pertama untuk memotivasi peserta didik.
Dalam motivasi terdapat beberapa komponen yang harus diperhatikan oleh guru agar dapat membantu proses pembelajaran yang akan memperoleh hasil pendidikan yang berkualitas yang merupkan upaya-upaya guru untuk menarik minat prestasi belajar peserta didik menjadi lebih baik, diantaranya adalah :
Ada beberapa penggolongan motivasi yang harus senantiasa guru ketahui dan di ingat karena ini akan membantu pelaksanaan proses pembelajaran berlangsung, seperti yang terdahulu penulis sampaikan adanya motivasi berkaitan dengan motivasi asli dan motivasi yang dipelajari, separti :
Motif yang diarahkan pada kebutuhan untuk pemenuhan kepuasan organic individu yang bersangkutan, lebih kepada untuk kepentingan diri sendiri.
Motif Darurat, yaitu motif yang muncul secara tiba-tiba dimana seseorang harus melakukan tindakan prepentif sepontanitas dalam keadaan memaksa dan sangat diperlukan.
Motif obyektif yaitu mengarahkan individu dengan aktifitasnya di lingkungan social dan individu yang bersangkutan saling berhubungan satu sama lain.
Motivasi yang ada dalam diri setiap individu, adalah merupakan kekuatan mental yang muncul dari hati nurani sehingga menjadi kekuatan sebagai penggerak belajar, dan hal ini datang dari berbagai sumber, yang merupakan suatu motivasi yang semula tanpa daya rangsang yang tinggi akan tetapi menjadi lebih baik setelah peserta didik memperoleh informasi dari guru yang jelas serta benar, karena guru adalah merupakan penggerak pertama untuk memotivasi peserta didik.
Dalam motivasi terdapat beberapa komponen yang harus diperhatikan oleh guru agar dapat membantu proses pembelajaran yang akan memperoleh hasil pendidikan yang berkualitas yang merupkan upaya-upaya guru untuk menarik minat prestasi belajar peserta didik menjadi lebih baik, diantaranya adalah :
2. Komponen Kebutuhan
Peserta didik sebagai individu, merasa tidak dapat mengimbangikemampuannya manakala secara kebutuhan sarana prasarana pendidikan telah terpenuhi tapi hasil prestasi yang peserta didik kuasai standar, peserta didik juga memiliki cukup luang waktu untuk lebih banyak belajar namun hasil yang di peroleh tidak memuaskan, dalam hal ini peserta didik yang bersangkutan di pandang perlu untuk merubah pola belajar yang akan mengarahkan dalam peningkatan hasil belajar yang memuaskan, oleh karenanya peserta didik yang bersangkutan memerlukan dorongan yang merupakan suatu kekuatan mental yang mengarahkan tatanan belajar peserta didik yang bersangkutan untuk belajar lebih baik.
Disini jelas terlihat bahwa peserta didik benar-benar membutuhkan dorongan yang berorientasi pada pemenuhan harapan untuk mencapai tujuan, dengan merubah pola belajar yang dilakukan di samping peserta didik juga mengikuti privat, serta adanya dukungan kuat dari keluarga sehingga memiliki dorongan mental untuk belajar lebih baik maka peserta didik yang bersangkutan akhirnya memperoleh hasil yang lebih baik, sehingga dengan demikian harapan akan kualitas pendidikan yang ingi di capainya terwujud dengan sangat memuaskan.
Untuk memenuhi standar kebutuhan yang dapat membantu mengembangkan dorongan belajar pada peserta didik sehingga mencapai hasil prestasi yang memungkinkan adanya kemudahan- kemudahan bagi peserta didik yang bersangkutan untuk menempuh jenjang pendidikan selanjutnya sesuai keinginan serta cita-cita.
Berikut ini akan penulis informasikan kebutuhan peserta didik dalam mengembangkan prestasi belajarnya yang memungkinkan dapat mebantu para guru dalam pengembangan dilapangan, seperti :
a. Kebutuhan peserta didik secara fsikologis
b. Kebutuhan peserta didik akan perasaan aman dan nyaman
c. Kebutuhan peserta didik akan lingkungan social yang baik
d. Kebutuhan peserta didik akan penerimaan serta penghargaan atas diri
e. Kebutuhan peserta didik untuk aktualisasi
Guru dengan senantiasa mengingat dan menerapkan ke lima unsur di atas, maka ketika kita memotivasi peserta didik untuk belajar lebih baik mengejar standar minimal yang diharapkan mungkin pada dasarnya hal tersebut iatas dapat dijadikan patokan untuk tingkat keberhasilan dalam proses pembelajaran bagi peserta didik sehingga membuahkan hasil sesuai yang diharapkan orang tua juga pemerintah.
Satu sisi yang harus di ingat oleh guru bahwa dalam diri setiap individu ada kebutuhan-kebutuhan yang hadir secara naluri yang merupakan tiga jenis kebutuhan standar yaitu, kebutuhan seseorang akan kekuasaan, kebutuhan seseorang untuk berafiliasi, serta kebutuhan seseorang untuk berprestasi, di sini peran dari masing-masing kebutuhan diantaranya kebutuhan seseorang akan kekuasaan dimana yang bersangkutan dapat mewujudkan keinginannya dalam mempengaruhi orang lain, sedangkan kebutuhan seseorang akan berafiliasi adalah dimana yang bersangkutan memberikan kepercayaan kepada orang lain yang dianggapnya sebagai sahabat, selanjutnya kebutuhan seseorang dalam berprestasi adalah dimana yang bersangkutan memperihatkan keberhasilan yang memuaskan akan tugas dan kewajiban yang di bebankan.
Peserta didik sebagai individu, merasa tidak dapat mengimbangikemampuannya manakala secara kebutuhan sarana prasarana pendidikan telah terpenuhi tapi hasil prestasi yang peserta didik kuasai standar, peserta didik juga memiliki cukup luang waktu untuk lebih banyak belajar namun hasil yang di peroleh tidak memuaskan, dalam hal ini peserta didik yang bersangkutan di pandang perlu untuk merubah pola belajar yang akan mengarahkan dalam peningkatan hasil belajar yang memuaskan, oleh karenanya peserta didik yang bersangkutan memerlukan dorongan yang merupakan suatu kekuatan mental yang mengarahkan tatanan belajar peserta didik yang bersangkutan untuk belajar lebih baik.
Disini jelas terlihat bahwa peserta didik benar-benar membutuhkan dorongan yang berorientasi pada pemenuhan harapan untuk mencapai tujuan, dengan merubah pola belajar yang dilakukan di samping peserta didik juga mengikuti privat, serta adanya dukungan kuat dari keluarga sehingga memiliki dorongan mental untuk belajar lebih baik maka peserta didik yang bersangkutan akhirnya memperoleh hasil yang lebih baik, sehingga dengan demikian harapan akan kualitas pendidikan yang ingi di capainya terwujud dengan sangat memuaskan.
Untuk memenuhi standar kebutuhan yang dapat membantu mengembangkan dorongan belajar pada peserta didik sehingga mencapai hasil prestasi yang memungkinkan adanya kemudahan- kemudahan bagi peserta didik yang bersangkutan untuk menempuh jenjang pendidikan selanjutnya sesuai keinginan serta cita-cita.
Berikut ini akan penulis informasikan kebutuhan peserta didik dalam mengembangkan prestasi belajarnya yang memungkinkan dapat mebantu para guru dalam pengembangan dilapangan, seperti :
a. Kebutuhan peserta didik secara fsikologis
b. Kebutuhan peserta didik akan perasaan aman dan nyaman
c. Kebutuhan peserta didik akan lingkungan social yang baik
d. Kebutuhan peserta didik akan penerimaan serta penghargaan atas diri
e. Kebutuhan peserta didik untuk aktualisasi
Guru dengan senantiasa mengingat dan menerapkan ke lima unsur di atas, maka ketika kita memotivasi peserta didik untuk belajar lebih baik mengejar standar minimal yang diharapkan mungkin pada dasarnya hal tersebut iatas dapat dijadikan patokan untuk tingkat keberhasilan dalam proses pembelajaran bagi peserta didik sehingga membuahkan hasil sesuai yang diharapkan orang tua juga pemerintah.
Satu sisi yang harus di ingat oleh guru bahwa dalam diri setiap individu ada kebutuhan-kebutuhan yang hadir secara naluri yang merupakan tiga jenis kebutuhan standar yaitu, kebutuhan seseorang akan kekuasaan, kebutuhan seseorang untuk berafiliasi, serta kebutuhan seseorang untuk berprestasi, di sini peran dari masing-masing kebutuhan diantaranya kebutuhan seseorang akan kekuasaan dimana yang bersangkutan dapat mewujudkan keinginannya dalam mempengaruhi orang lain, sedangkan kebutuhan seseorang akan berafiliasi adalah dimana yang bersangkutan memberikan kepercayaan kepada orang lain yang dianggapnya sebagai sahabat, selanjutnya kebutuhan seseorang dalam berprestasi adalah dimana yang bersangkutan memperihatkan keberhasilan yang memuaskan akan tugas dan kewajiban yang di bebankan.
3. Komponen Dorongan
Kebutuhan seseorang akan dorongan atau motivasi, tumbuh dan berkembang untuk memenuhi kebutuhan organism dimana kebutuhan organism ini adalah merupakan dorongan seseorang untuk mengembangkan aktivitas serta kreativitasnya yang sangat berkaitan erat dewngan perubahan tingkah laku dalam upaya pengembalian keseimbangan secara fsikologis organisme, dalam hal ini posisisi insentif sangat mempengaruhi intensitas dan kualitas sangat mempengaruhi tingkah laku organisme.
Berbicara tentang komponen dorongan, ada beberapa hal yang dapat dijadikan sebagai dasar dari pembentukan dorongan, seperti :
a. Dorongan yang merupakan bawaan sejak lahir.
dimana dorongan ini ada dengan sendirinya secara naluri yang merupakan bawaan , contoh ; dorongan seseorang untuk makan, minum, melakukan ekerjaan, beristirahat, serta dorongan akan kebutuhan seksual, dorongan ini adalah merupakan dorongan yang diisyaratkan secara biologis.
b. Dorongan yang dipelajari.
Dorongan ini muncul karena dengan senganja di lakukan oleh seseorang untuk dipelajari, seperti contoh misalnya; dorongan untuk mempelajari sesuatu ilmu pengetahuan yang ingin dikuasai, dorongan untuk mempelajari sesuatu kecakapan khusus agar memiliki nilai jual, dorongan untuk mengejar sesuatu di dalam masyarakat, dorongan ini merupakan dorongan yang diisyaratkan secara social, sebab sangat berkaitan dengan kehidupan seseorang di lingkungan social serta ada unsur pengaruh yang terjadi antar manusia satu sama lain di dalam lingkungan masyarakat sehingga secara individu yang bersangkutan memiliki kepuasan tersendiri, sehingga yang bersangkutan perlu mengembangkan sikp-sikap seperti, rmah dan kooperatif dalam hal ini bertujuan agar secara individu dapan mengembangkan hubungan baik antar sesame, dan ini berlaku dimana guru dan orang tua peserta didik harus membina selalu hubungan baik untuk menginformasikan hal-hal yang berkaitan dengan pembelajarn peserta didik.
Ada jenis –jenis dorongan pada diri seseorang sebagai individu yang dapat membantu mengembangkan kepribadian seseorang dalam lingkungan social seperti :
Dorongan Kepuasan
Dorongan kepuasan ini sangat erat kaitannya dengan kepribadian individu dalam memenuhi kebutuhan yang ingin dicapai melalui proses pembelajaran yang dilakukan sehingga memperoleh produk mental, terutama yang berkaitan dengan pengembangan intelektual.
Dorongan Penampilan diri
Dorongan ini merupakan bagian dari prilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari, yang berkaitan dengan kreativitas serta aktivitas, di samping mengembangkan sikap-sikap aksi, reaksi, interprestasi serta intropeksi yang membuahkan hasil pada diri seseorang dalam memenuhi keinginan untuk aktualisasi diri.
Dorongan Aktualisasi dan kompetensi
Seseorang sebagai individu yang tidak dapat lepas dari lingkungan social, melalui aktualisasi diri serta kompetensi yang di kuasainya akan mampu meningkatkan kualitas seseorang untuk mencapai kemajuan diri dan bagi seorang guru ini merupakan yang terpenting dalam mencaai tujuan tingkat keberhasilan proses pembelajaran peserta didik dalam mencapai suatu prestasi yang diharapkan oleh tujuan pendidikan nasional.
4. Komponen Tujuan
Komponen tujuan ini lebih dititik beratkan kepada tujun yang ingin dicapai oleh seseorang sebagai individu dalam berprilaku yang erat kaitanya dengan kondisi psikologis, dan “ tujuan “ merupakan titik akhir dari pencapaian serta pemenuhan keinginan.
Jika seseorang berkeinginan untuk mencapai suatu “tujuan” maka yang bersangkutan akan berusaha untuk memenuhi kebutuhan dengan dorongan mental sehingga mendapat kepuasan manakala apa yang menjadi tujuannya tercapai, melalui kekuatan secara mental dalam diri individu adalah sepanjang perkembangan hidupnya berlangsung, pada dasarnya kekuatan mental individu dapat di pelihara serta di kembangkan apalagi pada usia pertumbuham seperti peserta didik melalui proses pembelajaran yang memungkinkan perubahan mental pada diri peserta didik sehingga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi masa depannya kelak kemudian hari.
Pentingnya seorang guru memberikan motivasi Belajar pada peserta didik adalah dengan “tujuan” :
Memberikan dorongan pada awal pembelajaraan
Menginformasikan pada peserta didik mengenai kekuatan belajar
Mengarahkan peserta didik pada kegiatan belajar
Memberikan penguatan semangat
Memberikan penguatan akan tantangan belajar untuk mencapai tujuan sehingga puncak keberhasilan di raih.
Dalam hal ini Guru hendaknya mampu mengarahkan peserta didik agar memiliki kesadaran dari hati nurani yang paling dalam untuk berusaha senantiasa belajar dengan baik, sehingga mencapai tujuan dengan hasil yang memuaskan .
Kebutuhan seseorang akan dorongan atau motivasi, tumbuh dan berkembang untuk memenuhi kebutuhan organism dimana kebutuhan organism ini adalah merupakan dorongan seseorang untuk mengembangkan aktivitas serta kreativitasnya yang sangat berkaitan erat dewngan perubahan tingkah laku dalam upaya pengembalian keseimbangan secara fsikologis organisme, dalam hal ini posisisi insentif sangat mempengaruhi intensitas dan kualitas sangat mempengaruhi tingkah laku organisme.
Berbicara tentang komponen dorongan, ada beberapa hal yang dapat dijadikan sebagai dasar dari pembentukan dorongan, seperti :
a. Dorongan yang merupakan bawaan sejak lahir.
dimana dorongan ini ada dengan sendirinya secara naluri yang merupakan bawaan , contoh ; dorongan seseorang untuk makan, minum, melakukan ekerjaan, beristirahat, serta dorongan akan kebutuhan seksual, dorongan ini adalah merupakan dorongan yang diisyaratkan secara biologis.
b. Dorongan yang dipelajari.
Dorongan ini muncul karena dengan senganja di lakukan oleh seseorang untuk dipelajari, seperti contoh misalnya; dorongan untuk mempelajari sesuatu ilmu pengetahuan yang ingin dikuasai, dorongan untuk mempelajari sesuatu kecakapan khusus agar memiliki nilai jual, dorongan untuk mengejar sesuatu di dalam masyarakat, dorongan ini merupakan dorongan yang diisyaratkan secara social, sebab sangat berkaitan dengan kehidupan seseorang di lingkungan social serta ada unsur pengaruh yang terjadi antar manusia satu sama lain di dalam lingkungan masyarakat sehingga secara individu yang bersangkutan memiliki kepuasan tersendiri, sehingga yang bersangkutan perlu mengembangkan sikp-sikap seperti, rmah dan kooperatif dalam hal ini bertujuan agar secara individu dapan mengembangkan hubungan baik antar sesame, dan ini berlaku dimana guru dan orang tua peserta didik harus membina selalu hubungan baik untuk menginformasikan hal-hal yang berkaitan dengan pembelajarn peserta didik.
Ada jenis –jenis dorongan pada diri seseorang sebagai individu yang dapat membantu mengembangkan kepribadian seseorang dalam lingkungan social seperti :
Dorongan Kepuasan
Dorongan kepuasan ini sangat erat kaitannya dengan kepribadian individu dalam memenuhi kebutuhan yang ingin dicapai melalui proses pembelajaran yang dilakukan sehingga memperoleh produk mental, terutama yang berkaitan dengan pengembangan intelektual.
Dorongan Penampilan diri
Dorongan ini merupakan bagian dari prilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari, yang berkaitan dengan kreativitas serta aktivitas, di samping mengembangkan sikap-sikap aksi, reaksi, interprestasi serta intropeksi yang membuahkan hasil pada diri seseorang dalam memenuhi keinginan untuk aktualisasi diri.
Dorongan Aktualisasi dan kompetensi
Seseorang sebagai individu yang tidak dapat lepas dari lingkungan social, melalui aktualisasi diri serta kompetensi yang di kuasainya akan mampu meningkatkan kualitas seseorang untuk mencapai kemajuan diri dan bagi seorang guru ini merupakan yang terpenting dalam mencaai tujuan tingkat keberhasilan proses pembelajaran peserta didik dalam mencapai suatu prestasi yang diharapkan oleh tujuan pendidikan nasional.
4. Komponen Tujuan
Komponen tujuan ini lebih dititik beratkan kepada tujun yang ingin dicapai oleh seseorang sebagai individu dalam berprilaku yang erat kaitanya dengan kondisi psikologis, dan “ tujuan “ merupakan titik akhir dari pencapaian serta pemenuhan keinginan.
Jika seseorang berkeinginan untuk mencapai suatu “tujuan” maka yang bersangkutan akan berusaha untuk memenuhi kebutuhan dengan dorongan mental sehingga mendapat kepuasan manakala apa yang menjadi tujuannya tercapai, melalui kekuatan secara mental dalam diri individu adalah sepanjang perkembangan hidupnya berlangsung, pada dasarnya kekuatan mental individu dapat di pelihara serta di kembangkan apalagi pada usia pertumbuham seperti peserta didik melalui proses pembelajaran yang memungkinkan perubahan mental pada diri peserta didik sehingga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi masa depannya kelak kemudian hari.
Pentingnya seorang guru memberikan motivasi Belajar pada peserta didik adalah dengan “tujuan” :
Memberikan dorongan pada awal pembelajaraan
Menginformasikan pada peserta didik mengenai kekuatan belajar
Mengarahkan peserta didik pada kegiatan belajar
Memberikan penguatan semangat
Memberikan penguatan akan tantangan belajar untuk mencapai tujuan sehingga puncak keberhasilan di raih.
Dalam hal ini Guru hendaknya mampu mengarahkan peserta didik agar memiliki kesadaran dari hati nurani yang paling dalam untuk berusaha senantiasa belajar dengan baik, sehingga mencapai tujuan dengan hasil yang memuaskan .
5. Pentingnya Motivasi Dalam
proses Pembelajaran
Perbuatan belajar yang dilakukan oleh peserta didik akan optimal , apabila peserta didik tersebut terangsang oleh motivasi yang diberikan oleh guru, mengingat perilaku yang terpenting bagi peserta didik adalah belajar, satu sisi motivasi belajar peserta didik juga sangat bermanfaat bagi guru, diantaranya adalah :
Membangkitkan, meningkatkan serta memelihara semangat peserta didik untuk belajar sampai berhasil.
Mendorong peserta didik untuk melakukan perbuatan yang dititik beratkan pada belajar.
Menentukan arah perbuatan belajar peserta didik, agar dapat mencapai tujuan yang di inginkan.
Menyeleksi arah perbuatan belajar peserta didik, agar terdapat keserasian guna mencapai tujuan.
Pentingnya guru dalam memahami motivasi belajar adalah merupakan dorongan kepada peserta didik agar belajar untuk mencapai prestasi, di samping juga dapat bermanfaat bagi guru dalam untuk hal-hal seperti :
o Membantu, membangkitkan, serta meningkatkan semangat peserta didik untuk belajar sampai berhasil.
o Mengetahui dan memahami bahwa motivasi belajar peserta didik secara pribadi beraneka ragam.
o Meningkatkan dan menyadarkan guru agar memiliki pola dalam memberikan motivasi kepada peserta didik.
o Memberikan peluang seluas-luasnya kepada guru untuk mengembangkan tindakan pegogis dalam menghadapi keunuikan karakter peserta didik.
Guru dalam hal ini, harus benar-benar mampu menguasai upaya untuk membangkitkan motivasi belajar pada peserta didik, memngingat makin tepat motivasi yang diberikan kepada peserta didik maka akan tampak semakin cepat peserta didik menguasai materi pelajaran. Ada beberapa ciri yang terdapat di dalam diri tiap individu, dlam upaya mengembangkan motivasi, cirri-ciri tersebut diantaranya ;
o Secara pribadi seseorang dapat bekerja secara terus menerus dalam waktu yang lama dan tidak akan berhenti sebelum selesai.
o Secara individu ada keuletan yang tidak membutuhkan dorongan dari luar untuk berprestasi sebaik mungkin.
o Secara individu idealnya menunjukan minat pada bebagai macam masalah yang terdapat dilingkungan social sebagai orang dewasa.
o Setiap individu pada dasarnya lebih senang bekerja sendiri.
o Ada saat-saat tertentu seseorang bosan dengan pekerjaan rutinitas, sehingga menurunkan daya kreativitas yang ada pada dirinya.
o Seseorang dengan keyakinannya akan sesuatu, dapat mempertahankan pendapatnya karena telah dipertimbangkan kemungkinan dengan segala resikonya.
Dengan cirri-ciri diatas jelas bahwa seseorang secara individu memiliki motivasi yangcukup kuat untuk berkembang dan sangat menyadari dengan sendirinya kepentingan-kepentingan untuk belajar.
Perbuatan belajar yang dilakukan oleh peserta didik akan optimal , apabila peserta didik tersebut terangsang oleh motivasi yang diberikan oleh guru, mengingat perilaku yang terpenting bagi peserta didik adalah belajar, satu sisi motivasi belajar peserta didik juga sangat bermanfaat bagi guru, diantaranya adalah :
Membangkitkan, meningkatkan serta memelihara semangat peserta didik untuk belajar sampai berhasil.
Mendorong peserta didik untuk melakukan perbuatan yang dititik beratkan pada belajar.
Menentukan arah perbuatan belajar peserta didik, agar dapat mencapai tujuan yang di inginkan.
Menyeleksi arah perbuatan belajar peserta didik, agar terdapat keserasian guna mencapai tujuan.
Pentingnya guru dalam memahami motivasi belajar adalah merupakan dorongan kepada peserta didik agar belajar untuk mencapai prestasi, di samping juga dapat bermanfaat bagi guru dalam untuk hal-hal seperti :
o Membantu, membangkitkan, serta meningkatkan semangat peserta didik untuk belajar sampai berhasil.
o Mengetahui dan memahami bahwa motivasi belajar peserta didik secara pribadi beraneka ragam.
o Meningkatkan dan menyadarkan guru agar memiliki pola dalam memberikan motivasi kepada peserta didik.
o Memberikan peluang seluas-luasnya kepada guru untuk mengembangkan tindakan pegogis dalam menghadapi keunuikan karakter peserta didik.
Guru dalam hal ini, harus benar-benar mampu menguasai upaya untuk membangkitkan motivasi belajar pada peserta didik, memngingat makin tepat motivasi yang diberikan kepada peserta didik maka akan tampak semakin cepat peserta didik menguasai materi pelajaran. Ada beberapa ciri yang terdapat di dalam diri tiap individu, dlam upaya mengembangkan motivasi, cirri-ciri tersebut diantaranya ;
o Secara pribadi seseorang dapat bekerja secara terus menerus dalam waktu yang lama dan tidak akan berhenti sebelum selesai.
o Secara individu ada keuletan yang tidak membutuhkan dorongan dari luar untuk berprestasi sebaik mungkin.
o Secara individu idealnya menunjukan minat pada bebagai macam masalah yang terdapat dilingkungan social sebagai orang dewasa.
o Setiap individu pada dasarnya lebih senang bekerja sendiri.
o Ada saat-saat tertentu seseorang bosan dengan pekerjaan rutinitas, sehingga menurunkan daya kreativitas yang ada pada dirinya.
o Seseorang dengan keyakinannya akan sesuatu, dapat mempertahankan pendapatnya karena telah dipertimbangkan kemungkinan dengan segala resikonya.
Dengan cirri-ciri diatas jelas bahwa seseorang secara individu memiliki motivasi yangcukup kuat untuk berkembang dan sangat menyadari dengan sendirinya kepentingan-kepentingan untuk belajar.
BAB III
KESIMPULAN
Belajar adalah kegiatan rutinitas yang dilakukan oleh peserta didik, dan dapat dilakukan di sekolah, rumah atau di tempat yang memungkinkan seseorang untuk melakukan proses pembelajaran berlangsung. Peristiwa dalam proses pembelajaran berkaitan dengan peran guru dan peserta didik, guru memiliki peranan penting dalam keberhasilan belajar peserta didik, hal ini ditunjukan oleh posisi guru sebagai motivator.
Guru juga hendaknya menyadari bahwa dalam diri peserta didik terdapat kekuatan mental yang menjadi penggerak belajar dan ini muncul secara alamiah dari diri peserta didik, adanya kekuatan mental untuk melakukan perbuatan belajar pada diriseseorang disebut motivasi, jadi motivasi adalah merupakan kekuatan mental yang dipandang sebagai dorongan utuk melakukan aktivitasdan kreativitas, menggerakan serta mengarahkan perilaku untuk belajar.
Sementara MC. Donald. Berpendapat bahwaMotivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya " feeling “ dan didahului dengan yanggapanterhadap adanya tujuan. Dari pengertian yang dikemukan Mc. Donald ini mengandung tiga elemen penting seperti;
4) Bahwa motivasi itu mengawali terjadinya perubahan energi pada diri setiap individu manusia. Perkembangan motivasi akan membawa beberapa perubahan energi di dalam system “neurophysiological “ yang ada pada organisme manusia karena menyangkut perubahan energi manusia ( walaupun motivasi itu muncul dalam diri manusia ), penampkannya akan menyangkut kegiatannya akan menyangkut fisik manusia.
5) Motivasi ditandai dengan munculnya rasa “ feeling”, afeksi seseorang. Dalam hal ini motivasi relevan dengan persoalan-persoalan kejiwaan, afeksi dan emosi yang dapat menentukan tingkah laku manusia.
6) Motivasi akan dirangsang karena adanya tujuan. Jadi motivasidalam hal ini sebenarnya merupakan respons dari suatu aksi yakni tujuan dari motivasi memang muncul dari dalam diri manusia, tetapi kemunculannya karena terangsang / terdorong oleh adanya unsure lain, dalam hal ini adanya unsure lain, dalam hal ini adalah tujuan. Tujuan ini akan menyangkut kebutuhan atau keinginan. ( Sardiman, A.M., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Hal : 74 )
KESIMPULAN
Belajar adalah kegiatan rutinitas yang dilakukan oleh peserta didik, dan dapat dilakukan di sekolah, rumah atau di tempat yang memungkinkan seseorang untuk melakukan proses pembelajaran berlangsung. Peristiwa dalam proses pembelajaran berkaitan dengan peran guru dan peserta didik, guru memiliki peranan penting dalam keberhasilan belajar peserta didik, hal ini ditunjukan oleh posisi guru sebagai motivator.
Guru juga hendaknya menyadari bahwa dalam diri peserta didik terdapat kekuatan mental yang menjadi penggerak belajar dan ini muncul secara alamiah dari diri peserta didik, adanya kekuatan mental untuk melakukan perbuatan belajar pada diriseseorang disebut motivasi, jadi motivasi adalah merupakan kekuatan mental yang dipandang sebagai dorongan utuk melakukan aktivitasdan kreativitas, menggerakan serta mengarahkan perilaku untuk belajar.
Sementara MC. Donald. Berpendapat bahwaMotivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya " feeling “ dan didahului dengan yanggapanterhadap adanya tujuan. Dari pengertian yang dikemukan Mc. Donald ini mengandung tiga elemen penting seperti;
4) Bahwa motivasi itu mengawali terjadinya perubahan energi pada diri setiap individu manusia. Perkembangan motivasi akan membawa beberapa perubahan energi di dalam system “neurophysiological “ yang ada pada organisme manusia karena menyangkut perubahan energi manusia ( walaupun motivasi itu muncul dalam diri manusia ), penampkannya akan menyangkut kegiatannya akan menyangkut fisik manusia.
5) Motivasi ditandai dengan munculnya rasa “ feeling”, afeksi seseorang. Dalam hal ini motivasi relevan dengan persoalan-persoalan kejiwaan, afeksi dan emosi yang dapat menentukan tingkah laku manusia.
6) Motivasi akan dirangsang karena adanya tujuan. Jadi motivasidalam hal ini sebenarnya merupakan respons dari suatu aksi yakni tujuan dari motivasi memang muncul dari dalam diri manusia, tetapi kemunculannya karena terangsang / terdorong oleh adanya unsure lain, dalam hal ini adanya unsure lain, dalam hal ini adalah tujuan. Tujuan ini akan menyangkut kebutuhan atau keinginan. ( Sardiman, A.M., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Hal : 74 )
Berikut ini akan penulis
informasikan kebutuhan peserta didik dalam mengembangkan prestasi belajarnya
yang memungkinkan dapat mebantu para guru dalam pengembangan dilapangan,
seperti :
a. Kebutuhan peserta didik secara fsikologis
b. Kebutuhan peserta didik akan perasaan aman dan nyaman
c. Kebutuhan peserta didik akan lingkungan social yang baik
d. Kebutuhan peserta didik akan penerimaan serta penghargaan atas diri
e. Kebutuhan peserta didik untuk aktualisasi
Perbuatan belajar yang dilakukan oleh peserta didik akan optimal , apabila peserta didik tersebut terangsang oleh motivasi yang diberikan oleh guru, mengingat perilaku yang terpenting bagi peserta didik adalah belajar, satu sisi motivasi belajar peserta didik juga sangat bermanfaat bagi guru, diantaranya adalah :
Membangkitkan, meningkatkan serta memelihara semangat peserta didik untuk belajar sampai berhasil.
Mendorong peserta didik untuk melakukan perbuatan yang dititik beratkan pada belajar.
Menentukan arah perbuatan belajar peserta didik, agar dapat mencapai tujuan yang di inginkan.
Menyeleksi arah perbuatan belajar peserta didik, agar terdapat keserasian guna mencapai tujuan.
Membantu, membangkitkan, serta meningkatkan semangat peserta didik untuk belajar sampai berhasil.
Mengetahui dan memahami bahwa motivasi belajar peserta didik secara pribadi beraneka ragam.
Meningkatkan dan menyadarkan guru agar memiliki pola dalam memberikan motivasi kepada peserta didik.
Memberikan peluang seluas-luasnya kepada guru untuk mengembangkan tindakan pegogis dalam menghadapi keunuikan karakter peserta didik.
Demikian kiranya yang dapt penulis sampaikan sebagai bahan pertimbangan kepada rekan-rekan guru untuk mengingat kembali hal-hal yang kerapkali terlupakan manakala kita terbentur oleh masalah-masalah social yang erat kaitannya untuk meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan, keterampilan serta perubahan sikap yang merupakan tuntutan dari tujuan pendidikan nasional yang harus di capai.
a. Kebutuhan peserta didik secara fsikologis
b. Kebutuhan peserta didik akan perasaan aman dan nyaman
c. Kebutuhan peserta didik akan lingkungan social yang baik
d. Kebutuhan peserta didik akan penerimaan serta penghargaan atas diri
e. Kebutuhan peserta didik untuk aktualisasi
Perbuatan belajar yang dilakukan oleh peserta didik akan optimal , apabila peserta didik tersebut terangsang oleh motivasi yang diberikan oleh guru, mengingat perilaku yang terpenting bagi peserta didik adalah belajar, satu sisi motivasi belajar peserta didik juga sangat bermanfaat bagi guru, diantaranya adalah :
Membangkitkan, meningkatkan serta memelihara semangat peserta didik untuk belajar sampai berhasil.
Mendorong peserta didik untuk melakukan perbuatan yang dititik beratkan pada belajar.
Menentukan arah perbuatan belajar peserta didik, agar dapat mencapai tujuan yang di inginkan.
Menyeleksi arah perbuatan belajar peserta didik, agar terdapat keserasian guna mencapai tujuan.
Membantu, membangkitkan, serta meningkatkan semangat peserta didik untuk belajar sampai berhasil.
Mengetahui dan memahami bahwa motivasi belajar peserta didik secara pribadi beraneka ragam.
Meningkatkan dan menyadarkan guru agar memiliki pola dalam memberikan motivasi kepada peserta didik.
Memberikan peluang seluas-luasnya kepada guru untuk mengembangkan tindakan pegogis dalam menghadapi keunuikan karakter peserta didik.
Demikian kiranya yang dapt penulis sampaikan sebagai bahan pertimbangan kepada rekan-rekan guru untuk mengingat kembali hal-hal yang kerapkali terlupakan manakala kita terbentur oleh masalah-masalah social yang erat kaitannya untuk meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan, keterampilan serta perubahan sikap yang merupakan tuntutan dari tujuan pendidikan nasional yang harus di capai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar