Nama: aspiroh
Kelas: II (A)
Nim: 2227140749
M.kuliah: pendidikan
seni tari
RANGKUMAN
1.
Pengertian Seni Secara Umum
Ø
Seni berasal dari kata(sangsekrta) yang berarti
pemujaan, persembahan dan pelayanan.
Maksudnya: seni itu berkaitan dengan
upacara keagamaan
Ø
Seni adalah segala macam keindahan yang di
ciptakan oleh manusia.
Maksudnya: ekspresi manusia yang menuangkan suatu keindahan.
Dari beberapa
pengertian seni secara umum dapat di simpulkan bahwa “seni adalah segala macam
keindahan yang di ciptakan oleh manusia dan seni juga berkaitan dengan
keagamaan”.
2.
Seni Menurut Para Akhli
Ø
Menurut Ki Hajar Dewantara
“Seni adalah perbuatan manusia yang timbul
dari kehidupannya, perasaan, dan sifat indah sehingga dan dapat menggetarkan
jiwa perasaan manusia”.
Maksudnya: Seni itu adalah suatu ekspresi
yang di peroleh dari lingkungan kehidupan, perasaan/jiwa yang memiliki
keindahan sehingga dapat menyentuh perasaan seseorang.
Ø
Menurut Aristoteles
“Seni adalah peniruan terhadap alam tetapi
sifatnya harus ideal”.
Maksudnya: seni itu
Ø
Menurut Nandawan L. Hasanah
“Seni itu berupa
ekspresi manusia yang berunsurkan keindahan yang di ungkapkan melalui suatu
media yang bersifat nyata dan dapat di nikmati oleh kelima panca indra
(manusia)”.
Maksudnya: seni itu adalah ekspresi indah
melalui suatu media dan bersifat nyata yang di lakukan oleh manusia dan
dinikmati oleh manusia juga.
Dari beberapa
pendapat akhli di atas dapat di simpulkan bahwa “seni merupakan hasil aktivitas
batin yang di refleksikan dalam bentuk karya yang dapat membangkitkan perasaan
orang lain. Dalam pengertian ini yang termasuk seni adalah kegiatan yang
menghasilkan karya indah”.
3.
Seni Menurut Pendapat pribadi
Menurut saya Seni
itu berupa ekpresi manusia yang berunsurkan keindahan yang di ungkapkan malalui
suatu media yang bersifat nyata dan dapat di nikmati oleh manusia dan tanpa
kita sadari juga alam semesta ini juga terciptakan oleh unsure seni dan tuhan
juga memberikan sifat seni kepada manusia sehingga seni pun dapat di kaitkannya
dengan spiritual atau religi dalam suatu unsure kebudayaan.
4.
Fungsi Seni
Berikut adalah fungsi seni:
Ø
Fungsi seni keagamaan: karya seni sebagai pesan
keagamaan.
Contohnya: wayang kulit (di pergunakan
sebagai dakwah), lagu-lagu rohani (lirik lagunya berisikan kerohanian/keagamaan
sehingga pesan religinya tersampaikan).
Ø
Fungsi pendidikan: seni sebagai media pendidikan
Contohnya: Ansambel,angklung, gamelan
karena alat music tersebut membutuhkan banyak pemain sehingga membutuhkan kerja
sama (saling membantu) dan ada nilai pendidikannya seperti nilai sosial ()dan
di siplin ( dapat mengetahui prilaku/ sifat seseorang).
Ø
Fungsi komunikasi: di gunakan sebagai alat
komunikasi seperti kritik sosial, gagasan, kebijakan.
Contohnya: pagelaran wayang kulit, wayang
orang, seni teater, drama komedi (yang dapat memberikan pesan moral lewat).
Ø
Fungsi rekreasi/ hiburan: sebagai sarana melepas
kejenuhan atau mengurangi kesedihan dan khusu pertunjukan untuk berekspresi
ataupun hiburan
Ø
Fungsi guna (seni terapan): karya seni yang
dibuat tanpa memperhitungkan kegunaannya
Contoh: perlengkapan/ peralatan yang
terbuat dari rotan/ gerabah yang dapat di pergunakan dan juga mempunyai seni
dan bernilai guna.
Ø
Fungsi kesehatan: fungsi untuk kesehatan
Contoh : terapi musik (pengobatan penderita
gangguan physic ataupun medis distimulasi.
Ø
Fungsi artistic: sebagai media ekspresi seniman
dalam menyajikan tidak untuk hal yang komersial.
Contoh: music kontenporer, tari
kontenporer, dan seni rupa kontenporer dan seni rupa kontenporer, (seni
pertunjukan yang tidak bisa dinikmati pendengar/pengunjung, yang haya bisa di
nikmati oelh para seniman dan komunitasnya).
5.
Batasan Seni
Karena tuhan tidak
menyukai hambanya yang melampaui batas, maka karya seni yang baik memiliki tiga
buah frama dasar yaitu:
Ø
Karya seni haruslah menyenangkan dirinya
sendiri, dan maknanya orang yang berkesnian itu haruslah merasakan kesenangan
dan kebahagiaan pada dirinya sebagai makhluk individu yang mandiri yang dapat
dilihat dan di rasakan dengan meningkatnya kualitass kehidupan.
Ø
Karya seni haruslah menyenangkan tuhannya,
maknanya karya seni haruslah sesuai dengan ajaran agama, lilahi untuk seluruh
umat manusia yang diturunkan sebagai petunjuk, tuntunan dan penerang dan
pembeda yang hak dan batil agar selamat dan sukses dalam menjalankan fungsi,
tugas dan pengabdiannya sebagai khalifah di muka bumi ini. Hal ini menunjukan
sifat al-rohiim-nya yang menciptakan alam beserta isinya untuk kemaslahatan
umat manusia. Segalanya di kembalikan dan diperuntungkan untuk kelangsungan
manusia, karena tuhan tidak meminta/ membutuhkan apapun dari hambanya/ manusia
kecuali untuk kebaikan manusia itu sendiri.
Ø
Seni haruslah menyenangkan lingkungannya,
maknanya karya seni harushlah sesuai dan tidsk merusak keseimbangan dan
keselarasan alam, tidak melanggar norma-norma, aturan-aturan, hukum-hukum
positif, sistem dan etika pergaulan hidup bersama dan bermasyarakat serta fakta
sosial yang berlaku pada lingkungan yang brmasyarakat pada masanya dan tidak
juga melanggar hak dasar/asasi makluk hidup. Mamnusia sebagai manager alam dan
isinya merupakan makluk sosial sosial
yang slalu memilikisifat yang saling ketergantungan terhadap alam dan
lingkungannya, serta terhadap manusia lainnya. Karena alam tidak butuh manusia.
Namun manusia sangat membutuhkan alam, dan sebagai makhluk individu manusia slalu menginginkan eksistensi dan
hak-haknya diakui oleh lingkungan dan masyarakat sehingga tidak menimbulkan
penolakan karena adanya hal-hal yang bersifat negative yang dapat merusak/ merugikan
keharmonisan dalam lingkungan dan tatannan kehidupan.
6.
Pengertian Seni Tari Secara Umum
Seni tari adalah
ungkapan jiwa yang mengandung unsure keindahan dalam bentuk gerakan yang
teratur sesuai dengan irama yang mengiringinya.
Maksudnya: “seni tari itu menuangkan isi
perasaan yang berbentuk gerakan gerakan dengan
membutuhkan aturan aturan yang
menyesuaikan dengan Irma pengiringnya, sehingga menghasilakn seni tari
yang indah.
7.
Unsur-unsur dasar Seni Tari
Unsure-unsur dalam seni tari yaitu:
1)
Unsure utama tari adalah gerak. Garak tari di bagi
menjadi dua yaitu
Ø
Gerak murni: gerak yang mengutamakan
keindahannya (gerak sebenarnya)
Ø
Gerak maknawi: gerak yang memiliki makna
2)
Unsure-unsur penunjang tari yaitu:
Ø
Make up/ tata rias
Ø
Tata busana
Ø
Iringan music
Ø
Tempat
Ø
Tata lampu
Ø
Tema tari
Ø
Gerak
Ø
Tata panggung
Ø
Kelompok
Ø
Property
Ø
Desain atas/ beground
3)
Unsur-unsur penunjang tari
Ø
Gerak (wiraga) merupakan unsure yang paling
pokok dalm seni tari, yang meliputi gerak tubuh dari kaki sampai kepala, gerak
yang ditata untuk disesuaikan dengan karakter tokok yang di bawakan penari.
Ø
Irama (wirama) dalam seni tari irama membantu
penari dalam mengatur gerak dan menguatkan gerak, irama biasanya di bentuk oleh
alat music dan irama yang disusun harus disesuaikan dengan karakter tokoh yang
di bawakan oleh penari.
Ø
Perasaan (wirasa) gerak dalam sebah tarian
harrus dapat menjelaskan ekspresi prasaan, seperti marah, ssedih, senag sesuai
karakter yang di bawakannya.
Ø
Wujud(wirupa) rupa atau tampilan tarian harus
dapat menjelaskan karakter tokok yang di bawakan. Tampilan tersebut dapat di
wujudkan melalui penataan busana dan tata rias.
8.
konsep, sifat, karakter, fungsi, ruang lingkup
seni tari
Ø
konsep seni tari
dalam penggarapan koreografinya yaitu:
·
tari putra: tari yang penggararapannya
berdasarkan kondisi putra
·
tari putri: tari yang penggarapannya berdasarkan
kondisi putrid
·
camputan putra& putri: tari yang
penggarapannya berdasarkan campuran kondisi putra dan putrid secara terpadu dan
harmonis.
Ø
sifat seni tari
·
gerak murni adalah gerak yang dilakukan tanpa
mempertimbangkan maksud gerak tari tersebut. Misalnya gerkaan pergelangan
tangan di putar-putar
·
gerak maknawi adalah gerak yang di lakukan
dengan maksud tertentu. Misalnya: gerak terbang, gerak memukul, dan gerak
menghindar.
Ø
karakteristik seni tari yaitu:
·
bersifat sederhana
·
bersifat maknawi dan bertema, artinya setiap
gerakan mengandung tema tertentu
Ø
fungsi tari yaitu:
·
fungsi primer
ü
fungsi sebagai media pengungkapan pengalaman
jiwa creator atau pencipta.
ü
Tari sebagai media penghayatan sebagai
penikmatnya
·
Fungsi sekunder
ü
Tari upacara artinya adalah tari itu ada
(menjadi bagian) dalam rangkaian upacara itu sendiri.
ü
Tari hiburan tari ini di kenal pula sebagai
hiburan yang mengutamakan kegembiraan
ü
Tari pertunjukan adalah sebuah tari yang di tata
menjadi sebuah pertunjukan yang dapat ditonton lebih menarik apik.
ü
Tari pendidikan adalah tari sebagai sarana atau
media pendidikan
Ø
Ruang lingkup seni tari
Ruang lingkup pendidikan seni di SD pada
dasarnya meliputi aspek pengetahuan seni, apresiasi seni dan pengalaman
kreatif. Berkaitan dengan hal tersebut, seperti telah kita ketahui bahwa
peserta didik SD memiliki karakteristik dengan tingkat perkembangan berpikir
sekuensial menuju ke tingkat berpikir abstrak. Sedangkan pelaksanaan pendidikan
seni yang saat ini berlaku lebih menekankan praktik sebagai bentuk kreatif
peserta didik dan teorinya hanya sebagai apresiasi. Dengan demikian
karakteristik pendidikan seni di SD yaitu bersifat pengetahuan dan apresiasi
yang diintegrasikan dengan pengalaman kreatif peserta didik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar